20 February 2015

Diet Mayo (ceritanya)

So, ini sih bingung mau cerita kaya mana. Tapi yang pasti ini emang aku suka banget sok-sokan gitu ikut-ikutan diet mayo, atau yang lagi beken saat ini diet yang makannya tiap hari tanpa garam selama 13 hari. Jadwal menunya pun udah direncanain, yang penting tinggal pinter-pinternya diri kita ini aja ngolahnya kaya gimana hehe

Jadi berawal dari suka baca-baca blog, terus tau tentang diet mayo ini dari kak Rahne Putri, yang suka upload photo menu diet mayo di instagram. Setelah itu aku baca-baca deh tentang diet mayo, terus perdalam sampe bener-bener menghayatinya 😄😄😄 

Salut banget emang sama yang uda sukses sama diet mayo, aku? Ouch hari ke 7 aja uda lemes dedes, kaya mau terbang, kepala uda keliyengan nggak karuan haha emang dasar tukang makan nasi, mau ikutan gaya-gayaan aja diet 😌 habisnya sejak badanku turun hampir 17 kilo setahun yang lalu, dikit-dikit malah nambah lagi. Alhasil, karna kemungkinan depresi gegara badan dikit-dikit jadi naik, ada niatan lagi mau nurunin. 

Well, jadi dulu berat badanku pas pertama kali datang ke Jerman adalah 77 kilogram. Itu uda gede banget, nggak bisa jalan pula, berat rasanya. Nah, nggak ada angin, nggak ada acara diet, nggak ada acara olahraga alhasil, berat badanku jadi turun drastis 65 kilogram. Itu uda prestasi luar biasa banget buat aku hehehe... Padahal pas waktu di Indo, yang namanya mau diet, ada aja deh pokoknya halangan. Mama masak macem-macem yaudah kepentok, akhirnya makan. Pas di Jerman? Boro-boro makan, masakin orang iya hehe (ah yaudah, itu cerita buruk. Tak perlu dibahas) 😄

Nah, sejak tinggal sendirian sekarang, jadi suka banget masak-masak sampe nyobain resep-resep masakan nusantara. Bahkan sering makan-makan bareng sama temen-temen pas ada waktu, nongkrong, ngemil, dan lain-lain. Ini membahayakan jiwa dan raga sebenernya. Alhasil, pipi jadi tembem lagi, berat badan pun nambah dikit-dikit jadi 2 kilogram. Padahal sebelumnya sempet turun lagi jadi 63 kilo, trus jadi 65 kilo, eh trus jadi 67 kilo dong 😳😳😳 emang yah, dasarnya tukang makan, nggak bisa ngontrol diri ckckck 😌😌😌

Nah, akhirnya kepikiran lah mau nyobain yang namanya diet mayo ini. Diet yang masakannya tanpa menggunakan garam sama sekali. Dulu pernah nyoba sekali, terus pas hari ke 3 atau ke 4 ancur hahaha gara-gara diundang sama temen makan. Lumayan sih, waktu itu turun 2 kilo dalam waktu singkat banget gitu hehe

Nah. Ini percobaan kedua diet mayo. Jadi beginilah alur ceritanya, sampe hari ke 7 aku terpaksa 'medot' karna nggak kuat 😁

Hari 1
Hari pertama masih lancar aja, meskipun lemes namanya juga udah niat. Mau nggak mau kudu dijalanin banget banget ini. Buat sarapan menunya sesuai yang dipetunjuk teh/ kopi pake 1sdt gula. Terus makan siang telur, bayam, tomat, tomatnya juga pake tomat cherri karna itu yang murah haha... Nah makan malamnya aku makan bistik goreng sama brokoli. Harusnya emang pake selada, karna selada cukup mahal di sini, yaudah pilihlah brokoli, Seriusan eneg, makan sayur tanpa garam apalagi aku notabene nggak doyan sayuran gituan 😭😭 tapi hari pertama lancar jaya. Haha

Hari 2
Well, so weit so gut. Hari kedua, makin semangat. Meskipun agak masih belum biasa, mau nggak mau pun jadi terbiasa. Sarapan masih sama pake teh +1sdt gula, makan siang lagi-lagi ketemu bistik sama brokoli, trus makan malam lumayan ada ayam rebus sama 1 buah pisang. Oh iya, hari kedua ini kan hari minggu. Nah kebetulan, di tempat aku tinggal ada karnaval. Dan aku sengaja nonton karnaval ini. Alhasil aku bawa cemilan sore buah ngeganjal perut pake buah pisang. Nggak tau dibolehin apa nggak, yang jelas masih mikir, kan 3 jam sekali makannya kalo diitung-iitung. Masa aku harus nunggu sampe sebelum jam 6 sore buat makan malam lagi. Tewas lah aku 😭

Hari 3
Oke hari ketiga, aku rasa aku bakal bisa sampe minggu depan. Haha ini hari juga uda tugas lagi, masuk jatah pagi jam 6 pula. Iya, berarti sarapan kudu banget di tempat kerja. Uda bawa bekal buat makan siang juga sebenernya, tapi bekalnya nggak aku makan karna nggak sempat 😭😭😭 aku rasa aku melanggar aturan main. Trus akhirnya pun, aku pulang dengan perut kosong dan cuma makan buah apel jam 3 sorenya. Nah malemnya, aku makan normal sesuai menu yang uda dikasih tau. Trus kepikiran malam ini buat beli beberapa bahan yang agaknya ada yg belum lengkap. Belilah kismis, aku pikir mungkin buat snack sore gitu makan kismis, kan masih kejatah sehat hehe menu sarapan masih normal sama teh+1 sdt gula, makan siang telur, bayam, tomat, buah (nggak sempet makan 😭), makan malamnya ayam rebus plus bayam pake jeruk lemon.

Hari 4
Hari ke 4, hari yang agaknya cukup berat. Hari ke 4 ini aku ikutan karnaval kostum sama penghuni di tempat kerjaku. Harus bawa kursi roda mereka, ngedorong kursi roda dan jalan kaki sejauh 6 kilometer. Oke, nggak masalah itung-itung buat olahraga. Tapi, menu sarapanku pagi ini agaknya beda, salad buah (apel+pisang), makan siang omelet wortel, terus makan malam yoghurt, apel dan lemon. Lemonnya nggak aku taburi buat apa-apa. Aku sih enak-enak aja makan lemon begituan hehe

Hari 5
So so, sampai hari ke 5 acara berjalan dengan lancar jaya. Semakin yakin kalo bisa sampe 13 hari makan tanpa garam. Hari ini sih dines kejatahan masuk siang, jadi paginya sampe makan siang masih bisa ngublek di rumah sendiri hehe dan harus bikin bekal buat makan malamnya. Sarapan pagi aku cuma makan buah apel hehe, di menu aslinya mah harusnya wortel parut pake lemon. Tapi nggak gitu doyan 😛 jadi cuma makan buah apel doang deh sebiji haha makan siangnya ayam rebus aja udah cukup, makan malamnya aku pake tumis daging bayam brokoli (tetep hambar rasanya 😭😭😂). Oh ya, ini sih agak sedikit lucu. Jadi, kalo di menu sebenernya ayam kukus pake mentega. Mentega untuk diet mayo kan mentega khusus yang bener2 nggak ada kadar garamnya. Nah sebelum melakukan diet ini, aku beli mentega yang aku pake pas buat percobaan pertama kali diet mayo. Di komposisi nggak ada tulisan kadar garam sama sekali, dan beberapa kali menggunakan mentega ini buat ngegoreng bistik dan telur kupikir rasa asinnya asalnya dari daging. Eh tau-tau 😭😂😭 menteganya mengandung kadar garam meskipun nggak banyak zzz (kena lagi deh, aturan yang nggak berlaku. Parah). Tapi tetep aja lanjut sesuai menu. Makanya akhirnya aku makan cuma pake ayam rebus 1 aja, terus tumis aku langsung rebus pakai air tanpa minyak atau apapun. Glek!

Hari 6
Yey, sudah hari ke 6 rupanya. Nggak terasa. Hehe
Jadi jadi aku masih aja tetep lanjut. Sarapannya lumayan ada rotinya, jadi nggak bosen. Jadi, aku ada roti tawa gandum, trus aku panggang di atas wajan (cuma selembar) trus pake selai aprikosa (nggak tau bahasa Indonya) haha trus tetep pake teh pake 1 sdt gula, makan siang aku masak daging tumis bayam, buat bekal makan malam aku bikin telur dadar lagi pake wortel. Lumayan lah ya. Meskipun ujungnya aku uda agak lemes nggak karuan. Padahal cemilan sore masih dapet meskipun kismis gitu 😁😁

Hari 7
Nah ini nih haha hari dimana akhirnya aku mutusin buat udahan aja gitu. Nggak tau kenapa udah nggak ada semangatnya lagi. Ini gara-gara hari ini mau ke Amsterdam, makanya deh aku cukupin dietnya. Sarapan aja uda nggak karuan, makan yoghurt (lumayanlah) tapi habis itu ngemil kue kelapa gitu 2 potong pula, uda giti ditambah lagi coklat haha ah payah mah ini. Seriusan, ngeliyeng gegaranya. Pas lagi beresin salah satu penghuni, tiba-tiba badan greges aja gitu, nggak ada nafsu apa-apa sama sekali. Mau makan jadi agak gimana gitu tadi sebenernya. Tapi pas makan kue kelapa, berasa lamaaaaa banget nggak makan cemilan. Nah kagetnya lagi pas nyicip quark (semacam saus yoghurt), terus kerasa banget ada garamnya, lidah lumayan kaget. Beda aja rasanya. Hehe

Jadi, selama 6 hari makan tanpa garam aja bisa turun sampe 4 kilogram akunya hehe... Lumayanlah yaa.. Sekarang berat badanku jadi 60 kilogram dr 64 kilo awalnya hehe.. Lumayanlah daripada nggak turun sama sekali. Mungkin besok-besok dietnya puasa sebulan udah luar biasa banget. Hampir 20 jam lebih... Hehehe yang penting sih sehat terus nggak ada penyakit apapun gitu uda bahagia hahaha


Mannheim, 20.02.2015
-Vida Hasan-
Share:

0 comments: